Subscribe:

Jumat, 28 Oktober 2011

Mengenang kembali 28 Oktober 1928

     Mengenang hari Sumpah Pemuda ke 83 ini, mari kita coba renungkan sejenak sebagai seorang pemuda yang kelak akan meneruskan perjuangan bangsa, sebenarnya hal apa yang pernah kita lakukan untuk membantu negeri tercinta?
mungkin kita semua akan sejenak diam dan hanya diam, karena apa yang kita lakukan selama ini hanyalah menuntut negara kita untuk dapat seperti ini seperti itu. Padahal seharusnya, kita sebagai pemuda patut mencontoh para pemuda pada masa lalu yang berjuang untuk meraih kemerdekaan dengan susah payah.
    Sedikit cerita dari masa lalu, para pemuda dalam kongresnya yang pertama menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong JavaJong SumatraJong Betawi, dsb. Setelah berakhirnya kongres pemuda I ini, banyak organisasi pemuda bermunculan di setiap daerah.Dan selanjutnya diadakan kongres ke-2 bertanggal 28 Oktober 1928 yang dijadikan sebagai hari Sumpah Pemuda, karena pada sidang ini menghasilkan Sumpah Pemuda yang berisi :
Pertama 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.   
dari sedikit cerita di atas, kita mengerti bahwa perjuangan para pemuda pada saat itu sangatlah berperan penting untuk mewujudkan kemerdekaan, dan terbukti 17 tahun mendatang akhirnya Proklamasi di kumandangkan.
            Pada saat ini seharusnya kita malu kepada para pemuda di masa lalu, karena kebanyakan pada saat ini  nama baik pemuda di kota besar telah tercoreng karena banyak para pemuda yang telah mencandu narkoba, bertindak seenaknya sendiri, freesex dan tawuran.

         Untuk itu, mari kita sebagai pemuda mengembalikan citra pemuda yang sempat tercoreng dengan mengisi hari-hari dengan hal yang positif yang dapat memajukan negara kita. Belajar merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengisi hari-hari kita sebagai pelajar.


0 komentar:

Posting Komentar